Notification

×

Iklan

Iklan

Kebakaran di Desa Talabiu: Dua Rumah dan Beberapa Kendaraan Hangus Terbakar

Selasa, 16 Juli 2024 | Juli 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-17T03:49:11Z



Bima, SinarNTB.com - Kebakaran hebat melanda Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, pada Rabu, 17 Juli 2024 dini hari sekitar pukul 04.30 WITA. Kebakaran tersebut menghanguskan dua unit rumah, satu unit mobil minibus, dan satu unit motor Nmax hitam. Diduga penyebab kebakaran adalah korsleting listrik (arus pendek).

Kebakaran terjadi di RT 02, Dusun Sarise, Desa Talabiu, menghanguskan dua rumah hingga rata dengan tanah. Rumah yang terbakar milik H. Umar, orang tua dari anggota DPRD Kabupaten Bima, Firdaus, serta Didik Bandara, 46 tahun, yang juga tinggal di RT 02.

Kronologis kejadian bermula pada pukul 04.30 WITA ketika api diketahui berasal dari rumah H. Umar dan kemudian menjalar ke rumah Didik Bandara. Warga sekitar yang melihat kejadian tersebut segera berteriak meminta pertolongan. Warga Desa Talabiu, bersama Babinsa Sertu Surya, melakukan pertolongan awal dengan alat seadanya sambil menghubungi Unit Pemadam Kebakaran.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Bima tiba di lokasi kejadian pada pukul 05.30 WITA dan segera melakukan upaya pemadaman, dibantu oleh warga sekitar. Api berhasil dipadamkan sepenuhnya pada pukul 06.10 WITA, menggunakan tiga unit mobil pemadam kebakaran dengan bantuan warga setempat. Situasi pasca kebakaran di Desa Talabiu terpantau aman dan kondusif pada pukul 07.00 WITA.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp.800.000.000. Kerugian tersebut mencakup satu unit rumah batu yang rusak berat, satu unit rumah panggung dengan dapur permanen yang rata dengan tanah, satu unit mobil minibus, dan satu unit motor Nmax hitam.

Diharapkan dinas terkait memberikan bantuan kepada korban kebakaran. Selain itu, Kepala Desa Talabiu diharapkan memerintahkan seluruh RT dan RW untuk memberikan himbauan kepada warganya agar selalu waspada dalam meninggalkan rumah, mengingat cuaca di Kabupaten Bima sudah mulai memasuki musim panas dan rentan terjadi kebakaran. Pemerintah Desa Talabiu juga perlu berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait untuk meminta bantuan berupa tenda dan kebutuhan awal bagi korban kebakaran.

Situasi di Desa Talabiu saat ini telah kondusif, namun bantuan dan perhatian dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk membantu para korban kebakaran.


Penulis: Al Faruq 
Editor: Ahmadiansyah 
×
Berita Terbaru Update