Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN PMD Unram 2024 Adakan Sosialisasi “Optimalisasi UMKM dalam Upaya Peningkatan Daya Saing di Era Digitalisasi” di Desa Tanjung

Sabtu, 27 Juli 2024 | Juli 27, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-18T07:10:32Z



Lombok Utara, SinarNTB.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PMD Universitas Mataram (Unram) tahun 2024 mengadakan sosialisasi bertema “Optimalisasi UMKM dalam Upaya Peningkatan Daya Saing di Era Digitalisasi” di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mayoritas masyarakat Desa Tanjung adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan berbagai usaha seperti sate, abon, kue basah, kue kering, keripik, dan kerupuk kulit ikan yang pemasarannya masih terbatas di wilayah Tanjung. 

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Dinas Perindustrian NTB, Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Utara, serta pelaku usaha sukses dari Desa Tanjung, Nina Pacu, sebagai inspirasi bagi pelaku UMKM di desa tersebut. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah Desa Tanjung.

Pada kegiatan tersebut, pemateri memberikan materi tentang manajemen permodalan (finansial), manajemen pemasaran, dan digitalisasi atau branding. Kepala Desa Tanjung, Bapak Budiawan S.H., menyatakan dukungan penuhnya terhadap program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Unram ini.

"Kami dari desa sangat mendukung program yang diadakan oleh mahasiswa KKN Unram ini, khususnya program penyuluhan mengenai UMKM," ungkap Bapak Budiawan S.H. "Pelaku usaha sangat antusias dan berpartisipasi dalam menyukseskan program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN."

Anang Juriawan, salah satu mahasiswa KKN Unram, juga mengungkapkan tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas pemasaran dan manajemen permodalan UMKM yang ada di Desa Tanjung.

"Tujuan diadakannya program kerja ini adalah untuk meningkatkan taraf pemasaran dan branding produk UMKM di era digitalisasi di Desa Tanjung," ujarnya.

Kegiatan ini dilangsungkan pada hari Jumat, 26 Juli 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari pelaku usaha UMKM di Desa Tanjung.


Penulis: Al Faruq
Editor: Ahmadiansyah 
×
Berita Terbaru Update