Notification

×

Iklan

Iklan

MTsN 5 Bima Mulai Matsama 2024: Bangun Generasi Islami Kreatif, Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat

Kamis, 11 Juli 2024 | Juli 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-18T06:28:43Z


Bima, SinarNTB.com - MTsN 5 Bima memulai pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) untuk tahun pelajaran 2024/2025 pada hari Senin, 08 Juli 2024. Kegiatan Matsama akan berlangsung selama tiga hari hingga 10 Juli 2024.

Matsama tahun ini diharapkan jauh dari tindakan kekerasan atau perpeloncoan serta kegiatan-kegiatan yang tidak bernuansa pendidikan. Madrasah-madrasah diharapkan mengisi masa orientasi dengan beragam kegiatan yang berfokus pada pengenalan lingkungan dan budaya madrasah guna menyiapkan siswa baru agar mampu beradaptasi dengan lingkungan baru mereka masing-masing.

MTsN 5 Bima memberikan berbagai materi dalam kegiatan Matsama ini, termasuk pengenalan lingkungan madrasah, profil singkat madrasah, pemaparan visi misi MTsN 5 Bima, moderasi beragama, saling menghargai satu sama lain, nilai madrasah, tatakrama, kebiasaan kehidupan madrasah, serta pola hidup bersih dan sehat.


Ketua panitia Matsama, Agus Syu'bah, dalam sambutannya menegaskan bahwa Matsama merupakan wahana pengenalan kultur dan karakter madrasah kepada para siswa baru. "Kegiatan yang diberikan kepada peserta Matsama hendaknya berkaitan dengan pengenalan budaya dan lingkungan madrasah yang mendidik dan menambah wawasan peserta didik. Madrasah harus menjamin tidak boleh ada kekerasan atau tindakan-tindakan yang berefek pada fisik dan mental siswa baru. Tentunya pihak terkait seperti Kementerian Agama wajib memantau pelaksanaan Matsama untuk memastikan bahwa Matsama dilaksanakan sesuai dengan tujuan, fungsi, dan manfaatnya," tegas Agus Syu'bah.

Tema yang diangkat pada Matsama tahun ini adalah "Membangun Generasi Islami yang Kreatif, demi Terciptanya Madrasah Hebat Bermartabat." Konsep Madrasah Hebat Bermartabat menggambarkan madrasah yang memiliki kualitas tinggi dan dihormati dalam masyarakat. Konsep ini berkaitan erat dengan Revolusi Madrasah, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah sehingga madrasah dapat menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas dan dihormati dalam masyarakat.

Kegiatan Matsama di MTsN 5 Bima diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi para siswa baru dalam mengenal dan mencintai madrasah mereka.


Penulis: Ahmadiansyah
Editor: Indra Darmawansyah 




×
Berita Terbaru Update